Masalah  bullying perlu ditangani dengan serius oleh semua pihak dan dampak yang dapat terjadi pada remaja baik yang menjadi pelaku (bullies) maupun sebagai sasaran bullying (bullied) perlu dilakukan tindakan pencegahan khusus di tingkat sekolah. Pencegahan yang dilakukan dengan membantu para siswa berperilaku asertif dan menjadi modal agar terhindar dari perilaku bullying.

Solusi yang diberikan  melalui kegiatan ini adalah guru untuk mengatasi bullying ini  adalah bagaimana siswa/siswi bisa berprilaku asertif di lingkungan sekolah, lingkungan rumah bahkan dalam masyarakat,dalam menyikapi kekurangan ataupun kelebihan orang lain.

Kegiatan penyuluhan tentang Bullying dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2020 kepada siswa siswi SMP Frater di Kecamatan Malabo Mamasa Sulawesi Barat, dilakukan oleh dosen STIK Stella Maris Makassar yaitu Fr. Blasius Perang, M. Psy dan Rosmina Situngkir, S.Kep.,Ns, M.Kes dan diikuti dengan baik oleh siswa-siswi SMP Frater yang berjumlah 97 orang dan dalam pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar karena adanya partisipasi Guru dan kepala sekolah yang begitu antusias dengan pengadaan kegiatan ini. Adapun materi yang disampaikan Adalah:

  1. Pengertian Bullying
  2. Jenis-jenis Bullying
  3. Dampak Bullying bagi siswa/siswi
  4. Cara mengatasi Bullying

Hasil Evaluasi  Akhir: Siswa- siswi SMP Frater memahami tentang Bullying dan Dampaknya sehingga Mereka memiliki sikap untuk menolak tindakan Bullying di sekolah.